Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Takalar Dilatih Buat Gazebo

Daerah215 Dilihat

Liputan01.com, Gowa — Kalapas Takalar Kemenkumham Sulsel, Rasbil Minggu (20/2) mengatakan bahwa saat ini sebanyak 3 (Tiga) Warga Binaan Pemasyarakatan dilatih buat Gazebo dari Kayu.

Untuk menyelesaikan Gazebo dengan ukuran panjang 2,5 Meter, lebar 2,5 Meter dan tinggi 2 Meter diperlukan waktu sekitar 7 hari dan dikerjakan oleh 3 orang WBP. Bahannya kebanyakan dari kayu jati.

Menurut Rasbil, untuk saat ini pihaknya sudah menerima tujuh pesanan gazebo. Harga per gazebo antara Rp.10- 15 juta rupiah, tergantung bahan dan besarnya Gazebo.

WBP yang membuat  gazebo ini, sebelumnya sudah ikut pelatihan kemandirian pertukangan yang diselenggarakan Lapas Takalar kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Takalar.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel (Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan), Harun Sulianto mengapresiasi WBP Lapas Takalar yang memproduksi Gazobo Kayu dan sudah mulai dipasarkan.

Menurut Kakanwil Harun, pihaknya selalu meminta kepada kepala Lapas/Rutan untuk melaksanakan kegiatan produksi di dalam Lapas/Rutan sebagai bagian dari pembinaan kemandirian agar menjadi bekal bagi WBP untuk beritegrasi kembali dengan masyarakat.

“Harapannya agar WBP jadi insan yang produktif selama dan setelah menjalani pidana,” kata Harun.

 

Nirwan

Komentar