Peralatan Denmalat Kodiklatal Pendukung Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021 Embarkasi di KRI SHS-990

Kabar TNI185 Dilihat

SURABAYA – Liputan01.Com – Setelah pelaksanaan apel Gelar Kelengkapan Detasemen Markas Latihan (Denmalat) di Lapangan Martadinata Kesatrian Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Bumimoro guna mendukung Latihan Armada Jaya Ke-39 TA 2021, untuk selanjutnya peralatan Denmalat tersebut dilaksanakan embarkasi ke KRI dr. Suharso (SHS) – 990 yang saat ini merapat di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya, Jumat, (18/6/2021).

KRI SHS- 990 yang merupakan Kapal unsur bantu dibawah Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II ini direncaakan tolak tanggal 21 Juni 2021 mendatang dari Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya menuju pelabuhan Tanjung Priok Jakarta untuk selanjutnya menuju daerah Latihan Pantai Todak Singkep Riau Kepulauan.

Dalam perjalanan ke daerah Latihan KRI SHS-990 ini membawa seluruh personil Denmalat berikut peralatan pendukung latihan diantaranya beberapa truk yang berisi tenda lapangan, peralatan kesehatan lapangan dan truk pengisi bahan bakar. Selain itu juga terdapat kendaraan ambulan dan bus VIP untuk pendukung pergeseran pejabat TNI AL yang hadir di daerah latihan.

Disela-sela Embarkasi Komandan Denmalat (Dandenmalat) Kolonel Mar Darwin Tambunan yang juga Komandan Pusdikbanpur Kodikmar Kodiklatal ini menyampaikan bahwa KRI SHS -990 ini merupakan kapal aju yang berangkat mendahului dari kapal lainya dengan membawa personil dan kelengkapan Denmalat dalam mendukung kesuksesan Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021.

Kepada personil tim Denmalat Pamen melati tiga ini  berpesan Sebelum Kapal berangkat agar mengecek kembali kelengkapan peralatan yang diperlukan dan memastikan sesuai dengan ceklist yang sudah terdaftar. Selain itu agar menjaga keselamatan material mengingat dalam perjalanan cuaca ombak dilaut kadang kadang berubah sewaktu-waktu.

Pesan lainya bahwa saat ini masih dalam pandemi Covid 19 agar personil Denmalat tetap menjaga protokol kesehatan yaitu memakai masker selama di kapal maupun didaerah latihan. Menurutnya masker hanya dilepas saat makan dan wudhu sebelum melaksanakan sholat bagi prajurit yang beragama Muslim. (*) Red.

Komentar